Komponen Karburator Motor Dan Fungsinya

Komponen Karburator Motor Dan Fungsinya - Salah satu komponen yang berperan penting pada sepeda motor yang masih menggunakan sistem bahan konvensional adalah karburator. Karburator berfungsi mencampur bahan bakar dengan udara dalam ukuran yang tepat (sesuai kebutuhan) untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang bakar (silinder) dalam bentuk kabut.

Di dalam karburator terdapat beberapa macam komponen yang memiliki fungsinya masing - masing. Lalu apa saja komponen yang terdapat didalam karburator? Dan apa saja fungsi dari setiap komponen yang terdapat di karburator?

Berikut Komponen Karburator Motor Dan Fungsinya


Diagram Komponen Karburator Sepeda Motor

1. Mangkok Pelampung Karburator (Float Chamber) 
Mangkok pelampung karburator atau float chamber berfungsi untuk menampung sementara bahan bakar dari tangki sebelum di proses (dialirkan ke ruang bakar)
Mangkok Pelampung Karburator (Float Chamber)

2. Pelampung (Float)
Pelampung atau float berfungsi untuk mengatur bahan bakar dalam ruang pelampung karburator agar permukaannya tetap sehingga tidak meluap dan masuk ke ruang pembakaran.
Pelampung (Floater)

3. Jarum Pelampung / Katup Pelampung (Float Valve) 
Jarum Pelampung (Floater Valve) berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkok karburator. Klep / jarum pelampung ini juga akan menutup saluran suplai bahan bakar dari tangki, jika bahan bakar dalam ruang pelampung karburator sudah penuh.
Jarum Pelampung (Float Valve) 

4. Skep / Katup Gas (Throttle Valve)
Skep / katup gas (throttle valve) berfungsi untuk Mengatur jumlah campuran bahan bakar dan udara yang akan dialirkan ke dalam ruang bakar (silinder).
Skep / Katup Gas (Throttle Valve) 

5. Per Skep / Pegas (Throttle Valve Spring)
Per skep / pegas (throttle valve spring) berfungsi untuk mengembalikan posisi skep / katup gas pada posisi terendah saat kabel gas dilepas (tidak digas).
Per Skep / Pegas (Throttle Valve Spring)

6. Jarum Skep / Jarum Gas (Jet Needle)
Jarum skep / jarum gas (jet needle) berfungsi mengatur besarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor digas dengan pembukaan katup ¼ sampai dengan ¾.
Jarum Skep / Jarum Gas (Needle Jet) 

7. Pemancar Besar (Main Jet)
Pemancar besar (main jet) berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar sistem putaran  menengah dan tinggi. Semakin besar ukuran semakin besar pula bahan bakar yang mampu dialirkan.
Pemancar Besar (Main Jet)

8. Pemancar Kecil / Stasioner (Slow Jet / Pilot Jet)

Pemancar kecil / stasioner (slow jet / pilot jet) berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar pada sistem putaran rendah dan menengah. Semakin besar ukuran semakin besar pula bahan bakar yang mampu dialirkan.
Pemancar Kecil / Stasioner (Slow Jet / Pilot Jet)

9. Sekrup Gas (Throttle Screw)
Sekrup gas atau throttle screw berfungsi untuk menyetel posisi skep sebelum digas.

Baca Juga : Sistem - Sistem Pada Karburator

10. Sekrup Udara (Air Screw)
Sekrup udara atau air screw berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.

11. Katup Cuk (Choke Valve) 
Katup cuk (choke valve) berfungsi menutup udara luar yang masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.