Kenali Gejala Transmisi Manual Mobil Bermasalah - Pemeliharaan dan perawatan transmisi manual tidak terlalu rumit tetapi memerlukan ketelitian, Pemeliharaan dan perawatan transmisi manual perlu dilakukan agar mobil tetap nyaman saat dikendarai.
Beberapa langkah mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan transmisi manual mobil, seperti :
1. Memeriksa kebebasan gerak tuas pemindah
Kebebasan yang berlebihan disebabkan oleh keausan baut-baut penyambung, kerusakan bushing sambungan, atau penyetelan-nya. Secara visual / pengamatan langsung permasalahan ter-sebut dapat dilakukan.
2. Memeriksa pelumasan transmisi
Pelumasan pada transmisi sangat penting, mengingat transmisi terdiri dari banyak komponen yang saling bersentuhan satu dengan yang lainnya. Pelumasan diperlukan untuk menghindari terjadinya keausan sebagai akibat kontak langsung antar logam komponen transmisi.
Transmisi pada umunya menggunakan minyak pelumas dengan viscositas SAE 80 atau SAE 90, namun demikian dalam menggunakan minyak pelumas untuk transmisi perlu melihat manual masing-masing produk kendaraan. Karena dimungkinkan terdapat perbedaannya. Setiap 1500 km perlu dikontrol mengenai jumlahnya.
3. Pemeriksaan terhadap gejala-gejala kerusakan
Pemeriksaan ini terkait dengan kinerja transmisi, yaitu apakah transmisi dapat melakukan fungsinya dengan baik. Untuk melakukan pemeriksaan ini, berarti kendaraan harus dijalankan atau
sering disebut dengan tes jalan.
Gejala - gejala berikut ini menandakan bahwa terjadi kesalahan pada unit transmisi manual, yaitu :
Beberapa langkah mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan transmisi manual mobil, seperti :
1. Memeriksa kebebasan gerak tuas pemindah
Kebebasan yang berlebihan disebabkan oleh keausan baut-baut penyambung, kerusakan bushing sambungan, atau penyetelan-nya. Secara visual / pengamatan langsung permasalahan ter-sebut dapat dilakukan.
2. Memeriksa pelumasan transmisi
Pelumasan pada transmisi sangat penting, mengingat transmisi terdiri dari banyak komponen yang saling bersentuhan satu dengan yang lainnya. Pelumasan diperlukan untuk menghindari terjadinya keausan sebagai akibat kontak langsung antar logam komponen transmisi.
Transmisi pada umunya menggunakan minyak pelumas dengan viscositas SAE 80 atau SAE 90, namun demikian dalam menggunakan minyak pelumas untuk transmisi perlu melihat manual masing-masing produk kendaraan. Karena dimungkinkan terdapat perbedaannya. Setiap 1500 km perlu dikontrol mengenai jumlahnya.
3. Pemeriksaan terhadap gejala-gejala kerusakan
Pemeriksaan ini terkait dengan kinerja transmisi, yaitu apakah transmisi dapat melakukan fungsinya dengan baik. Untuk melakukan pemeriksaan ini, berarti kendaraan harus dijalankan atau
sering disebut dengan tes jalan.
Gejala - gejala berikut ini menandakan bahwa terjadi kesalahan pada unit transmisi manual, yaitu :
- Gigi Loncat dari hubungan
- Gigi sulit Masuk.
- Suara berisik yang tidak normal.
Selain dari tiga gejala pada transmisi manual yang sudah disebutkan diatas, masih ada lagi gejala lain yang sering terjadi pada transmisi manual mobil.
Gejala Transmisi Manual Mobil Bermasalah
Gangguan
|
Kemungkinan Penyebab
|
Cara Mengatasi
|
Tongkat persneling susah dipindah
|
Bola pengunci tongkat pemindah gigi macet
|
Ganti
|
Tangkai sambungan pemindah gigi macet
|
Ganti
|
|
Tuas pemindah gigi bengkok
|
Ganti
|
|
Tongkat Pemindah gigi longgar
|
Bushing bola pengunci tuas pemindah gigi aus
|
Ganti
|
Bola pengunci tuas pemindah aus
|
Ganti
|
|
Susah
pindah gigi
|
Tuas control pemindah gigi bengkok
|
Ganti
|
Kurang oli
|
Ganti Oli
|
|
Oli kurang bagus
|
Tambah Oli
|
|
Tangkai pemindah atau garbu pemindah longgar
|
Ganti
|
|
Ring sinkromes aus
|
Ganti
|
|
Kerucut gigi sinkromes aus
|
Ganti
|
|
Kontak ring sinkromes dan kerucut gigi jelek
|
Ganti
|
|
Kelonggaran ggi memanjang berlebih
Bearing aus
|
Ganti
|
|
Pey key snkronister aus
|
Ganti
|
|
Pra-beban bearing gigi poros primer terlalu besar
|
Ganti
|
|
Gigi melompat
|
Garbu pemindah gigi aus
|
Ganti
|
Tuas Kontrol bengkok
|
Ganti
|
|
Hub clutch sleeve aus
|
Ganti
|
|
Gigi poros sekunder aus
|
Ganti
|
|
Permukaan gigi geser aus
|
Ganti
|
|
Backlash gigi kebanyakan
|
Ganti
|
|
Bearing aus
|
Ganti
|
|
Dudukan mesin longgar atau pemasangannya kurang pas
|
Kencangkan
|
|
Suara abnormal
|
Oli kurang
|
Tambah Oli
|
Kualitas oli jelek
|
Ganti Oli
|
|
Bearing aus
|
Ganti
|
|
Gigi poros sekunder aus
|
Ganti
|
|
Permukaan gigi geser aus
|
Ganti
|
|
Backlash gigi kebanyakan
|
Ganti
|
|
Gigi roda gigi rusak
|
Ganti
|
|
Ada kotoran pada gigi
|
Ganti
|
|
Gigi diferensial rusak atau backlasnya kebanyakan
|
Ganti atau Setel
|
|
Pidah gigi keras
|
Jarak main pedal kopling terlampau besar sehingga
macet
|
Setel menurut petunjuk
|
Pelat kopling aus
|
Ganti
|
|
Pelat kopling kontor terkena minyak
|
Ganti
|
|
Poros garbu pemindah berubah bentu atas ausnya tidak
merata
|
Ganti
|
|
Bola lokasi pecah
|
Ganti
|
|
Sleeve sinkromesa aus
|
Ganti
|
|
Hub sinkromes aus
|
Ganti
|
|
Gigi lepas sendiri
|
Tuas transmisi berubah bentuk
|
Perbaiki / ganti
|
Sumbu garbu pidah aus
|
Ganti
|
|
Bola baja lokasi aus
|
Ganti
|
|
Pegas bola baj lokasi lemah
|
Ganti
|
|
Garbu pindah aus
|
Ganti
|
|
Gigi terlampau bergerak ke arah tekan
|
Ganti
|
|
Ring atau hub sinkromes aus
|
Ganti
|
|
Bantalan poros masuk (input shaft) poros
utama (main shaft) atau poros lawan (counter shaft)
aus
|
Ganti
|
|
Gigi tidak mau masuk
|
Pegas sinkromes lemah atau patah
|
Ganti
|
Alur dalam ring sinkromes aus
|
Ganti
|
|
Ring sinkromes macet pada kerucut
|
Ganti
|
|
Poros garbu pemindah berubah bentuk
|
Ganti
|
|
Garbu pemundah aus
|
Ganti
|