Penyebab Indikator Check Engine Mobil Menyala Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Indikator Check Engine Mobil Menyala Dan Cara Mengatasinya -
ECU (Engine Control Unit) pada mesin injeksi EFI mampu menyimpan riwayat data error atau DTC (Data Trouble Code) yang pernah terjadi pasa mesin, DTC tersebut akan sangat diperlukan pada saat mobil akan di servis.
Check Engine Atau MIL (Malfuction Indikator Lamp)

Jika check engine atau MIL (Malfuction Indikator Lamp) di dashboard mobil menyala, itu tandanya ECU telah mendeteksi terjadinya kerusakan yang tekait dengan mesin mobil tersebut. Tetapi tidak menutup kemungkinan check engine atau MIL di dashboar menyala karena setelah mobil di servis, terutama servis di bagian mesin, misalnya :
  • Membersihkan Ruang bakar
  • Membersihkan Injector
  • Mengganti parts tertentu seperti saringan udara atau ketika berganti jenis BBM, namun performa mesin tetap saja bekerja kurang maksimal.

Itu tadi penyebab mengapa check engine atau lampu MIL di dashboard mobil injeksi EFI menyala. Selain yang sudah dibahas tadi, akan di bahas juga tentang cara menghapus kode kerusakan atau DTC (Data Trouble Code) yang tersimpan di dalam memori ECU.

Reset ECU dilakukan saat setelah perbaikan pada mesin mobil telah dilakukan, selain itu me-reset ECU juga bergunan untukkembali mengoptimalkan kinerja mesin, reset ini ECU ini bisa di lakukan juga apabila :
  • Tarikan mobil mulai terasa sudah tidak bertenaga
  • Saat  ganti jenis Bahan bakar bensin dari pertamax-pertalite dan sebaliknya

Cara Reset ECU (Engine Control Unit) Mobil


1. Mencabut Sekering (Fuse) ECU Di Dalam Box Sekering
Cara reset ECU yang pertama dapat dilakukan dengan mencabut sekering ECU yang terdapat di box sekering. Box sekring berada di dalam kap mesin atau yang berada di dekat mesin, cari sekering yang bertertuliskan “EFI”, cabut lalu diamkan 2 menit setelah itu pasang kembali sekring.
Cabut sekering ECU
Lihat bagian tutup box bagian dalam untuk menemukan letak sekering ECU 
Catatan : Tanda sekring ECU pada Fuse Box ditulis ECU atau EFI atau Engine Management.

2. Melepas Terminal Negatif (-) Baterai Selama 1 Menit
Cara reset ECU yang kedua bisa dengan cara melepas teminal negati baterai / aki selama 1 menit. Tetapi resikonya semua keelektrikan yang bergantung pada pasokan arus aki akan ter-reset juga, termasuk memori radio, jam dalam kabin, dll.
Lepas Terminal Negatif Aki
Setelah ECU di reset coba lakukan langkah langkah berikut ini:
  • Hidupkan mesin tanpa beban (semua  mati) lalu biarkan selama 3 menit sampai mesin stasioner 
  • Hidupkan AC lalu biarkan 3 menit 
  • Hidupkan semua lampu dan audio lalu biarkan 3 menit 
  • Matikan kembali semua lampu dan audio lalu diamkan 2 menit 
  • Matikan kembali AC lalu diamkan selama 2 menit 
  • Matikan kembali mesin dan biarkan kurang lebih 10 menit 
  • Lalu starter lagi mobil dan rasakan perbedaan nya 

Atau lakukan langkah ini : Mobil bisa langsung di ajak jalan agar ECU belajar sendiri ketika mesin mulai di hidupkan dan mobil mulai bejajalan.
Cara reset ecu ini berlaku baik pada mesin Gasoline maupun Diesel yang menggunakan ECU.