Fungsi Rem Tangan (Hand Brake) & Cara Kerjanya

Fungsi Rem Tangan (Hand Brake) & Cara Kerjanya - Rem tangan (hand brake) atau rem parkir (parking brake) fungsi utamanya digunakan untuk parkir kendaraan. Mobil penumpang dan kendaraan niaga yang kecil mempunyai rem parkir tipe roda belakang (rem kaki), atau rem parkir ekslusif yang dihubungkan dengan roda-roda belakang.

Kendaraan niaga yang besar menggunakan rem parkir tipe center brake yang dipasang antara propeller shaft dan transmisi. Sistem rem parkir terdiri dari tuas rem, stick atau pedal, kabel atau tipe mekanisme batang (rod) dan tromol rem dan sepatu yang membangkitkan daya pengereman.

Fungsi Rem Tangan (Hand Brake) Atau Rem Parkir (Parking Brake)


1. Digunakan Untuk Mencegah Mobil Bergerak Saat Parkir
Fungsi rem tangan yang utama adalah mencegah mobil bergerak sendiri (gelondor) saat sedang di parkir atau untuk menghentikan dan menahan supaya roda mobil tidak menggelinding atau berputar dengan sendirinya.

Rem tangan akan mencegah mobil tidak dapat bergerak maju ataupun mundur meskipun permukaan jalan saat mobil di parkir dalam kondisi miring, menanjak ataupun menurun.

2. Digunakan Saat Di Lampu Merah
Rem tangan (hand brake) juga dapat berfungsi sebagai pengganti rem utama agar mobil berhenti dan tidak bergerak selama berhenti karena lampu merah.
Dengan mengaktifkan rem tangan maka pengemudi tidak perlu repot untuk terus menekan pedal rem dengan kaki kiri.

3. Digunakan Saat Di Jalan Tanjakan
Rem tangan akan dapat membantu pengemudi saat berhenti di jalan tanjakan, terlebih ketika kondisi lalu lintas yang padat dan macet di jalan tanjakan.

Umumnya kaki kiri pengemudi akan lebih capek akibat terlalu sering menginjak pedal rem dan bereaksi cepat untuk melepas pedal kopling (mobil manual).

Dengan menggunakan rem tangan, maka pengemudi tidak perlu khawatir mobil bergerak mundur akibat pengaturan gas dan kopling yang tidak sesuai. 

4. Digunakan Untuk Manuver Extreme (Driveting)
Fungsi rem tangan lainnya adalah digunakan agar mobil bisa bermanuver ekstrim, berbelok tajam pada kecepatan tinggi sambil melayang (driveting). 

Karena saat mobil sedang dalam kecepatan tinggi, menarik rem tangan dengan tiba-tiba dapat membuat mobil bermanuver secara ekstrim.

Tetapi, fungsi hanya dilakukan untuk keperluan driveting oleh para drifter (pembalap drift) dan para penggiat olahraga drifting. 

5. Digunakan Untuk Pengereman Saat Rem Utama Blong
Fungsi terakhir dari rem tangan adalah untuk membantu pengereman disaat rem utama tidak pakem / bahkan blong. Dengan menarik rem tangan secara perlahan, maka kecepatan kendaraan akan menurun akibat rem tangan aktif.

Tetapi cara ini juga harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan karena kesalahan melakukan pengereman bisa berakibat mobil bergerak diluar kendali dan emningkatkan resiko kecelakaan.

Cara Kerja Rem Tangan (Hand Brake)

Mekanisme kerja (operating mechanism) pada rem parkir pada dasarnya sama untuk tipe rem parkir belakang dan tipe center brake. Tuas rem parkir ditempatkan berdekatan dengan tempat duduk pengemudi dengan menarik tuas rem parkir maka rem bekerja melalui kabel yang dihubungkan dengan tuas.

Ada beberapa tipe tuas rem parkir seperti diperlihatkan di bawah ini, yang digunakan bergantung pada design tempat duduk pengemudi dan sistem kerja yang dikehendaki.
Tipe Tuas Rem Parkir 

Tuas rem parkir dilengkapi dengan ratchet untuk mengatur tuas pada suatu posisi pengetesan. Pada beberapa tuas rem parkir mur penyetelannya dekat dengan tuas rem, dengan demikian penyetelan jarak tuas dapat dengan mudah distel.
Tuas Rem Parkir 

Kabel rem parkir memindahkan gerakan tuas ke tromol rem sub-assembly. Pada rem parkir roda belakang, dibagian tengah kabel diberi equalizer untuk menyamakan daya kerjanya tuas pada kedua roda-roda. Tuas intermediate (intermediate lever) dipasang untuk menambah daya pengoperasian.
Kabel rem parkir