Cara Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer Luar


Cara Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer Luar - Sebelum mengetahui cara membaca hasil pengukuran mikrometer luar (outside micrometer) atau mikrometer sekrup ini, penting untuk mengetahui nama-nama bagian dari mikrometer sekrup dan fungsinya

Cara Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer Luar/Mikrometer Sekrup


Saat membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup, ada dua bagian yang harus diperhatikan, yaitu: skala utama dan skala nonius. Skala utama dapat dilihat di sleeve. Sedangkan untuk skala nonius dapat dilihat di thimble. 

1. Cara membaca skala utama : cari angka/garis pada skala utama yang paling dekat/berhimpitan dengan thimble. Setiap 1 garis pada sleeve (skala utama) dihitung 0.5 mm. 

2. Cara membaca skala nonius : cari angka di skala nonius atau garis di thimble yang paling sejajar dengan garis horizontal skala utama. setiap 1 strip pada Thimble (skala nonius) dihitung 0,01 mm.

Berikut Ini Cara Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer Sekrup

Dibawah ini akan saya berikan 2 contoh cara membaca hasil pengukuran mikrometer luar atau mikrometer sekrup

Contoh 1 :

Gambar contoh 1

  • Perhatikan gambar diatas, dapat diketahui, garis skala utama yang paling dekat dengan thimble adalah garis/angka ke "8". maka skala utamanya adalah 8.0 mm.
  • Atau seperti ini, posisi thimble telah melewati "8" strip pada garis horizontal bagian atas, dan "8" strip pada garis horizontal bagian bawah. Maka hasil pengukuran skala utama (8+8) x 0.5 mm = 8.0 mm.
  • Berikutnya membaca skala nonius, pada gambar diatas terlihat garis ke 37 di skala nonius (thimble) yang paling sejajar dengan garis horizontal di skala utama (sleeve). Maka skala noniusnya : 37 x 0.01 = 0.37 mm.
  • Hasil pengukuran contoh 1 diketahui : 8.0 mm + 0.37 mm = 8.37 mm.

Contoh 2 :

Gambar contoh 2

  • Perhatikan gambar diatas, dapat dilihat thimble telah melewati 11 garis dibagian atas garis horizontal skala utama, dan dibagian bawah garis horizontal skala utama ada "1" garis yang paling dekat dengan thimble. 
  • Maka cara membacanya 11 (nilai 11 garis dari skala utama) ditambah 0.5 (nilai dari 1 strip dibawah garis horizontal, garis yang paling dekat dengan timble). Skala utamanya didapatkan hasil 11.5 mm. 
  • Atau dapat juga seperti ini, posisi thimble melewati "11" strip diatas garis horizontal, dan "12" strip dibagian bawah garis horizontal. Maka hasil pengukuran skala utama : (11+12) x 0.5 mm = 11.5 mm.
  • Berikutnya membaca skala nonius, dari gambar contoh 2 diatas terlihat garis di thimble yang paling sejajar dengan garis horizontal di skala utama (sleeve) yaitu 25 lebih 1 garis atau berada di garis ke "26".
  • Maka skala noniusnya didapatkan hasil : 26 x 0.01 = 0.26 mm.
  • Hasil pengukuran contoh 2 didapatkan hasil : 11.5 + 0.26 = 11.76 mm