Dasar - Dasar Otomotif Komponen Utama Pada Mobil

Dasar - Dasar Otomotif Komponen Utama Pada Mobil - Sebuah kendaraan terdiri dari komponen-komponen berikut :
  • 1. Mesin
  • 2. Pemindah Daya
  • 3. Chassis
  • 4. Kelistrikan Mesin 
  • 5 .Kelistrikan Bodi 
  • 6. Body (Kerangka)

Klasifikasi Berdasarkan Tenaga Penggerak


Kendaraan dapat diklasifikasikan berdasarkan tipe tenaga penggerak sebagai berikut:

Klasifikasi berdasarkan Tenaga Penggerak

Keterangan :
  • Kendaraan mesin bensin
  • Kendaraan mesin diesel
  • Kendaraan hybrid
  • Kendaraan listrik
  • Kendaraan berbahan bakar cell hybrid  (Fuel cell hybrid vehicle)

1. Kendaraan mesin bensin
Kendaraan tipe ini menggunakan bahan bakar bensin. Karena mesin bensin menghasilkan tenaga yang tinggi dan hadir dalam bentuk kendaraan penumpang kecil, maka kendaraan tersebut banyak digunakan sebagai kendaraan penumpang. Mesin serupa juga digunakan pada mesin CNG Compressed Natural Gas, mesin LPG Liquefied Petroleum Gas dan mesin alkohol, yang menggunakan tipe bahan bakar yang berbeda.
Kendaraan mesin bensin 
Keterangan :
  • Mesin
  • Tangki bahan bakar (Bensin)

2. Kendaraan mesin diesel
Kendaraan tipe ini menggunakan mesin berbahan bakar diesel. Karena mesin diesel menghasilkan momen yang besar dan menawarkan keekonomisan bahan bakar, maka mesin tersebut banyak digunakan pada truk dan kendaraan SUV.  SUV: Sports Utility Vehicle 
Kendaraan mesin diesel

Keterangan :
  • Mesin  
  • Tangki bahan bakar (Bahan Bakar Diesel)

3. Kendaraan Hybrid

Kendaraan tipe ini dilengkapi dengan tenaga penggerak yang memiliki tipe yang berbeda, seperti mesin bensin dan motor listrik. Karena mesin bensin membangkitkan listrik, Kendaraan tipe ini tidak memerlukan sumber luar untuk mengisi ulang baterai.

Sistem penggerak roda menggunakan tegangan 270V, dan arus listrik 12V. Sebagai contoh: selama start, kendaraan tersebut menggunakan motor listrik yang menghasilkan tenaga tinggi meskipun kecepatannya rendah. Saat kecepatan kendaraan naik, maka akan mengoperasikan mesin bensin yang lebih efisien sifatnya pada kecepatan yang lebih tinggi.

Dengan cara menggunakan sebaik-baiknya ke dua tipe tenaga penggerak ini, maka gas buang dapat dikurangi dan bahan bakar dapat lebih ekonomis. Diagram menunjukkan sistem  Toyota hybrid (bensin dan motor listrik

Kendaraan Hybrid
eterangan :
  • Mesin
  • Inverter
  • Transaxle
  • Converter
  • Baterai

4. Kendaraan listrik (KL)
Kendaraan ini menggunakan tenaga baterai untuk mengoperasikan motor listrik. Tidak seperti bahan bakar, baterai memerlukan pengisian ulang. Kendaraan tersebut menawarkan banyak manfaat, termasuk tidak adanya gas buang dan suara yang rendah selama pengoperasian. Sistem penggerak rodanya menggunakan tegangan 290V, sedangkan arus listrik 12V. Diagram tersebut menunjukkan sistem KL Toyota. 
Kendaraan listrik (KL)
Keterangan :
  • Unit kontrol tenaga
  • Motor listrik 
  • Baterai

Klasifikasi Berdasarkan Metoda Penggerak

Kendaraan dapat diklasifikasikan berdasarkan posisi mesin dan roda-roda penggerak, dan jumlah roda-roda penggerak. 

Klasifikasi berdasarkan Metoda Penggerak


Keterangan :
  • FF (Mesin-depan, Penggerak-depan) 
  • FR (Mesin-depan, Penggerak-belakang) 
  • MR (Midship-engine, Penggerak-belakang)
  • 4WD (Penggerak 4-Roda)

Sistem Yang Terdapat Pada Mesin

Pada mesin bensin, percampuran udara-bahan bakar diledakkan di dalam mesin. Dan daya ini dirubah menjadi gerakan rotasi untuk menggerakkan kendaraan. Untuk mengoperasikan mesin, berbagai macam sistem disediakan sebagai tambahan bagi mesin dasar.

Mesin

Sistem isap

Sistem bahan bakar

Sistem pelumasan

Sistem pendinginan

Sistem gas buang