Macam - Macam Header Knalpot Pada Mobil - Exhaust manifold atau mekanik bengkel knalpot biasa menyebutnya dengan nama header, berfungsi untuk saluran pembuangan yang dibuat sedemikian rupa untuk menjaga tekanan balik dari gas buang yang dihasilkan mesin, dan utnuk meningkatkan performa dari mesin tersebut.
Jika mesin sudah dilakukan modifikasi atau upgrade spesifikasi seperti kompresi tinggi, maka disarankan memakai header 4-1. Tetapi kalau mesin standar dan pakai header 4-1, torsi akan hilang. Terdapat juga 4-1 pendek dan 4-1 panjang. Maksudnya, panjang dan pendek tersebut adalah panjang atau pendeknya pipa header.
Seperti contoh 4-1 pendek memiliki pipa header yang lebih pendek, konfigurasi ini akan menghasilkan atau lebih enak diputaran atas. Sehingga dengan mesin standar tetapi akan di pakai untuk putaran atas lebih enak menggunakan 4-1 pendek.
Macam - Macam Header Knalpot Mobil
1. Header 4-1
Header 4-1 yaitu dari 4 pipa menjadi 1 pipa sudah pasti ukuran pipa nya besar. Sehingga power band bergeser, misalnya torsi puncak di putaran 4000 RPM menjadi 5000 RPM. Jadi semakin besar ukuran pipa, semakin tinggi power band nya. Maka dari itu Header 4-1 tidak disarankan untuk harian melainkan untuk kebutuhan balap.Jika mesin sudah dilakukan modifikasi atau upgrade spesifikasi seperti kompresi tinggi, maka disarankan memakai header 4-1. Tetapi kalau mesin standar dan pakai header 4-1, torsi akan hilang. Terdapat juga 4-1 pendek dan 4-1 panjang. Maksudnya, panjang dan pendek tersebut adalah panjang atau pendeknya pipa header.
Seperti contoh 4-1 pendek memiliki pipa header yang lebih pendek, konfigurasi ini akan menghasilkan atau lebih enak diputaran atas. Sehingga dengan mesin standar tetapi akan di pakai untuk putaran atas lebih enak menggunakan 4-1 pendek.
Header 4-1 pendek |
Header 4-1 panjang |
2. Header 4-2-1
Header 4-2-1 biasanya direkomendasikan untuk harian dan masih mendapatkan efisiensi konsumsi bahan bakar karena tenaga maupun torsi meningkat di putaran mesin rendah. Dikarenakan sambungan dari 4 pipa menjadi 2 memang besar, tetapi dari 2 pipa menjadi 1 tidak besar.Jadi bertahap, sehingga power band tidak berubah terlalu jauh. Karena header 4-2-1 sebenarnya sifatnya hanya melancarkan flow saja. Jadi tenaga dan torsi tetap di putaran mesin rendah. Rata-rata mobil bawaan pabrik kebanyakan memakai header konfigurasi 4-2-1.
3. Header 4-3
Header 4-3 yaitu sambungan dari 4 pipa menjadi 3 pipa dan 1 pipa terpisah dari resonator. Jadi suara yang dihasilkan jadi lebih keras dari header standar. Karena header 4-3 hanya menghasilkan suara keras saja dan tidak berpengaruh sekali di dalam tenaga mobil maka jarang sekali yang menggunakan header.
Header 4-3 |