Cara Mengatasi Mesin Corolla DX, Suzuki Carry & Kijang Super Mati Mendadak

Cara Mengatasi Mesin Corolla DX, Suzuki Carry & Kijang Super Mati Mendadak - Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara mengatasi mesin mobil yang mati mendadak pada mobil :
  • Kijang Super
  • Kijang Kotak
  • Suzuki Carry
  • Espass dll.
Terutama pada mesin mobil konvensional yang pompa bensinya masih menggunakan tipe mekanis. Disini saya akan sedikit cerita tentang salah satu pengalaman saya yang sedang melakukan perjalanan menggunakan mobil Toyota Corolla DX, salah satu mobil tua yang belakangan ini mulai banyak dicari-cari oleh para pecinta mobil classic. 
Corolla DX
Spesifikasi pada mesin mobil ini menggunakan mesin kijang seri 4k kapasitas 1300cc (mesin kijang doyok) mekanisme katup tipe OHV (Overhead Camsaft Valve) 4 katup masuk dan 4 katup buang.

Penggerak roda tipe FR (Front Engine Rear Drive) mesin depan penggerak belakang (gardan), maka dari itu sedan yang satu ini sering digunakan pada kompetisi slalom. Namun, saya tidak akan membahas lebih spesifik tentang mobil yang satu ini. Karena yang akan saya bahas cara mengatasi mesin yang tiba-tiba mati.

Singkat cerita, ketika saya melakukan perjalanan, dan ditengah-tengah perjalan saya mampir mengisi bensin di sebuah SPBU, lalu setelah bensin selesai diisi dan kontak saya starter. disinilah masalah mulai muncul.

Karena ketika  saya menghidupkan mobil lagi, mesin tidak mau menyala. Saya starter sampai 3 kali mesin tetap tidak mau menyala. Sampai akhirnya mobil tersebut saya dorong maju dibantu oleh mas pegawai SPBU tersebut.

Untuk menepi dari tempat pengisian BBM agar tidak menimbulkan antrian, dan jika saya paksa untuk starter terus akinya malah tekor nanti. Padahal pada saat diperjalanan tadi mobil enak-enak aja, enggak ada trouble. Dan tiba-tiba setelah diisi bensin malah mogok.

Yang pertama saya lakukan,  langsung saya cek pengapiaannya mulai dari Coil, Distributor sampai ke busi. Ternyata arus pengapian normal. Berarti masalahnya bukan di pengapian. Sampai akhirnya saya buka selang yang dari tangki ke fuel pump (pompa bensin). Dan saya mulai hidupkan starter. Akhirnya mesin nyala lagi.

Lepas selang fuel pump
Analisanya mesin mati karena mlepek, kemungkinan waktu saya isi bensin tadi kondisi bensin didalam tangki sudah habis, sampai akhirnya bensin yang tersisa hanya tinggal di dalam karburator saja.

Penyebab lainnya bisa juga karena pompa bensin sudah lemah, tidak terlalu kuat untuk memompa bahan bakar dari tangki bawah menuju ke atas.

Dan tips buat anda yang mobilnya masih sering mati padahal pompa bensin sudah di ganti baru, mungkin saja bukan pompa bensin/rotak yang rusak, tapi karena ada kotoran yang mengendap di membran pompa bensin.

Cara mengatasinya anda bisa kuras tangki mobil anda lalu bersihkan, dan bersikan juga filter besin.  Memang semakin tua usia kendaraan semakin perlu untuk sering di perhatikan.