Penyebab Motor Saat Di Gas Tidak Mau Jalan & Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Saat Di Gas Tidak Mau Jalan & Cara Mengatasinya - Jika kampas kopling pada motor sudah aus tetapi masih terus dipakai, efeknya bisa merambat ke komponen kopling yang lain, komponen yang akan kalah ketika kampas kopling sudah mulai aus adalah pelat kopling dan rumah kopling.
Pembongkaran kampas kopling

Selain bisa membuat komponen lain ikut rusak, kampas kopling yang sudah aus juga berdapak pada kinerja mesin motor. 

Fungsi Kopling Pada Motor


Kopling motor merupakan bagian utama dari sistem pemindah tenaga. Kopling diperlukan untuk meneruskan putaran krug as ke transmisi, dan melepaskan hubungan antara krug as dengan transmisi ketika memindahkan gigi, melalui tarikan dari handle kopling, Untuk selanjutnya diteruskan ke roda belakang melalui rantai roda.


Kopling juga berfungsi sebagai berikut :
  • 1. Menghubungkan mesin dengan transmisi sehingga putaran mesin dapat diteruskan ke transmisi.
  • 2. Melepaskan hubungan mesin dengan transmisi apabila akan mengganti gigi transmisi.
  • 3. Menghubungkan kembali mesin dengan transmisi secara perlahan-lahan sehingga sepeda motor dapat berjalan dengan perlahan-lahan. 
  • 4. Kopling yang digunakan di sepeda motor biasanya yang bersifat gesek (friction clutch) model piringan atau biasa disebut kopling pelat (disk clutch). 
Kopling yang digunakan di sepeda motor biasanya yang bersifat gesek (friction clutch) model piringan atau biasa disebut kopling pelat (disk clutch).

Ciri - Ciri Kampas Kopling Motor Sudah Aus


  • 1.Saat pakai kick starter sering ngelos
  • 2. Susah oper gigi (presneling)
  • 3. Tenaga mesin berkurang saat di tanjakan
  • 4. Saat gas diputar rpm tinggi motor seperti tertahan (tidak bertenaga)
  • 5. Mesin cepat panas
Solusi dari masalah tersebut segera melakukan pengecekan dan penggantian komponen kampas kopling. Cukup berbahaya apabila membiarkan kampas kopling aus, terus menerus digunakan.
Kampas kopling

Fungsinya kampas kopling sendiri adalah untuk memutuskan sekaligus menyalurkan tenaga putaran mesin dari poros engkol / krug as ke transmisi, yang membuat roda belakang berputar.


Lalu kapan harus ganti kampas kopling ?

Pabrikan motor menganjurkan pergantian kampas kopling sekitar interval 20 ribu kilometer atau dalam jangka waktu 2-4 tahun. Akan tetapi waktu penggantian bisa lebih cepat dari itu, khususnya untuk motor yang sering dipakai jarak jauh dan kesalahan karena terlalu sering memakai setengah kopling, pergantian kampas bisa lebih cepat.