Macam - Macam Dongkrak

Macam - Macam Dongkrak - Dongkrak merupakan sebuah alat pengangkat untuk mengangkat barang berat yang digerakkan tangan manusia. Dongkrak merupakan alat kerja bengkel yang wajib ada, utamanya di bengkel mobil.

Dongkrak pada mobil berfungsi untuk mengangkat mobil untuk dilakukan pemasangan jack stand (safety stand) saat melakukan perbaikan kendaraan yang membutuhkan pengangkatan sebagian bodi kendaraan, dongkrak juga sangat dibutuhkan saat melakukan penggantian ban mobil.

Dalam perkembangannya, dongkrak saat ini tidak hanya digunakan pada mobil saja, tetapi juga digunakan pada berbagai macam jenis kendaraan, seperti kereta, sepeda motor atau bahkan alat berat.

Jenis Dongkrak Berdasarkan Metode Penggeraknya


  • 1. Dongkrak Mekanik, Dongkrak mekanik membutuhkan gaya yang lebih besar yang kemudian akan diteruskan dan diperbesar melalui roda gigi ke batang gigi. Dongkrak jenis ini lebih membutuhkan tenaga lebih besar daripada dongkrak hidrolik.
  • 2. Dongkrak Hidrolik, Dongkrak ini memanfaatkan tekanan fluida cair sebagai perantara kerjanya (menggunakan sistem hidrolik). Pada sistem ini membuat pekerjaan menjadi semakin mudah. Disini gaya tekan yang kecil pada torak kecil menggerakkan torak besar sehingga terjadi gaya angkat yang besar.

Jenis Dongkrak Berdasarkan Bentuknya


1. Dongkrak Gunting / Dongkrak Pantograf 
Dongkrak Pantograf

Dongkrak pantograf digunakan untuk mengangkat beban ringan dan mudah dibawa di dalam kendaraan. Dongkrak jenis ini biasanya tidak digunakan di bengkel namun dongkrak bawaan mobil, sehingga setiap mobil biasanya dilengkapi dengan dongkrak pantograf.

2. Dongkrak Botol (Bottle Jack)
Dongkrak Botol (Bottle jack)

Dongkrak ini disebut bottle jack karena bentuknya seperti botol. Fungsi bottle jack sama seperti crocodile jack, yaitu untuk mengangkat kendaraan pada ketinggian tertentu untuk dapat melakukan perbaikan pada bagian bawah kendaraan.

Perbedaannya adalah penggunaan bottle jack dapat dimasukkan ke dalam kendaraan sebagai perlengkapan utama kendaraan yang mutlak dibutuhkan untuk mengganti roda (ban) sewaktu ban kempis/ bocor. 

Untuk mendongkrak sebuah kendaraan, dongkrak harus diletakkan tegak lurus pada torak pengangkatnya supaya tidak menjadi bengkok. Jangan sekali-kali bekerja di bawah kendaraan yang hanya ditopang dengan dongkrak saja. Topanglah kendaraan tersebut dengan stand (penopang).

3. Dongkrak Buaya (Crocodile Jack)
Dongkrak Buaya (Crocodile jack)

Dongkrak jenis ini paling banyak digunakan di bengkel-bengkel ataupun digarasi kendaraan, sekarang ada yang ukuran kecil sehingga dapat di bawa di mobil. Keuntungan pemakaian crocodile jack dibandingkan yang lainnya adalah lebih mudah digunakan karena gampang menggesernya ke arah posisi yang diinginkan, di samping itu, waktu yang dibutuhkan untuk mengangkat kendaraan lebih cepat dan aman. 

Di dalam rumah yang dibuat dari baja tuang dapat berjalan dan berputar di atas empat roda, terdapat sebuah pompa minyak yang toraknya digerakkan oleh tuas panjang. Tuas tersebut dapat juga dipakai untuk mendorong atau menarik dongkrak. Perbandingan lengan - lengan batang pengangkat kira-kira 20:1. Di sekeliling rumah dan diatas pompa diisi dengan minyak encer (SAE-10).

4. Dongkrak Botol Buaya
Dongkrak Botol Buaya

Dongkrak botol buaya merupakan gabungan antara dongkrak buaya & dongkrak botol. Dongkrak botol buaya memiliki kelebihan yaitu memiliki kapasitas pengangkatan yang besar dan mudah untuk derakkan karena memiliki roda. Namun kelemahan dongkrak ini adalah untuk menggeser dongkrak botol buaya ini agak sulit karena memiliki berat yang lebih besar.

5. Dongkrak Pengangkat Sepeda Motor

Dongkrak penyangga sepeda motor ini banyak digunakan pada bengkel-bengkel atau workshop-workshop sepeda motor yang digunakan untuk mengangkat sepeda motor saat melakukan kegiatan servis. 

Kelebihan dongkrak sepeda motor ini memiliki ukuran yang relatif tidak besar sehingga tidak akan memakan banyak tempat dibengkel.

6. Dongkrak Peyangga Sepeda Motor

Dongkrak penyangga sepeda motor atau stand penyangga sepeda motor pada umumnya digunakan pada kendaraan sepeda motor sport, dimana pada sepeda motor sport ini tidak memiliki standar tengah.

7. Dongkrak Penyangga Transmisi

Dongkrak peyangga transmisi yaitu dongkrak yang digunakan untuk menyangga transmisi ketika akan menurunkan atau memasang transmisi ke kendaraan saat kendaraan dinaikkan dengan car lift. Dongkrak penyangga transmisi ini termasuk ke dalam jenis dongkrak hidrolik.

Penggunaan dongkrak ini saat melakukan pekerjaan servis transmisi akan sangat membantu mekanik karena mekanik tidak memerlukan banyak tenaga untuk menurunkan atau menaikkan transmisi.

8. Dongkrak Peyangga Kopling

Dongkrak penyangga kopling digunakan saat melakukan servis sistem kopling. Dongkrak penyangga kopling ini termasuk ke dalam jenis dongkrak hidrolik.

Dongkrak penyangga kopling ini berfungsi untuk membantu mekanik saat memasang dan melepas kopling pada kendaraan sehingga mekanik tidak banyak membutuhkan tenaga untuk mengangkat kopling beserta rumah kopling.