Macam - Macam Alat Ukur Mekanik Dan Fungsinya

Macam - Macam Alat Ukur Mekanik Dan FungsinyaAlat ukur mekanik adalah alat ukur yang dalam penggunaannya secara mekanik. Alat ukur mekanik pada umumnya digunakan untuk mengukur panjang, lebar, kedalaman, diameter luar dan diameter dalam sebuah benda. Skala pengukuran yang sering digunakan pada alat ukur mekanik adalah skala metrik dan skala inchi. 

Macam-Macam Alat Ukur Mekanik Dan Fungsinya


1. Mistar Baja
Mistar baja berfungsi untuk mengukur panjang, lebar, ketinggian dan kedalaman suatu benda. Skala ukuran pada mistar baja ini memiliki tingkat ketelitian 0,5 mm atau 1 mm. Ukuran yang tersedia pada mistar/penggaris baja ini adalah ukuran kombinasi yaitu ukuran metrik dan ukuran british (ukuran inggris).
Mistar Baja

2. Penggaris Siku
Penggaris siku berfungsi untuk mengukur bagian yang berhubungan dengan kesikuan bahan. Misalnya untuk menandai garis persegi, untuk pemotongan dan juga dapat digunakan untuk menandai sudut 45 derajat-90 derajat.
Siku (Penggaris Siku)


3. Mistar Gulung (Measuring Tape)
Mistar gulung terbuat dari pita baja yang digulung. Mistar gulung sering digunakan untuk mengukur benda yang ukurannya sangat panjang seperti pipa, pelat dan lain-lain. Kemampuan ukur pada mistar gulung ini sampai 2000 mm (2 Meter). Jenis ukuran yang tersedia pada alat ukur ini ada 2 jenis : yaitu ukuran metrik dan ukuran British.
Penggaris Gulung (Measuring Tape)

4. Busur Derajat

Busur derajat ini digunakan untuk mengukur sudut dari benda hingga 180 derajat. Busur derajat memiliki bentuk setengah lingkaran dan dilengkapi dengan sepotong logam lurus dan panjang yang dihubungkan pada bagian setengah lingkaran yang dapat digerakkan disekeliling titik putarnya.
Busur Derajat

5. Outside Caliper
Outside caliper berfungsi untuk mengukur diameter luar suatu benda, mengukur dimensi luar suatu benda dan memeriksa apakah permukaan luar benda sejajar atau tidak sejajar
Outside Caliper

6. Inside Caliper
Inside calliper berfungsi untuk mengukur diameter dalam (internal) suatu benda dan untuk memeriksa permukaan bagian dalam suatu benda sejajar atau tidak.
Inside Caliper

7. Depth Gauge
Depth gauge berfungsi untuk mengukur kedalaman lubang, kedalaman ceruk (recess) dan slot, jarak dari bagian - bagian pinggir bahan yang dikerjakan.
Depth Gauge

8. Valve Spring Tester
Valve spring tester berfungsi untuk memeriksa karakteristik elastis pegas. Skala daya pegas standar memiliki kapasitas maksimum 158 kg (350 lb). Contohnya pemeriksaan pada steering clutch, flywheel clutch, dan pegas katup kontrol hidrolik.
Valve Spring Tester


Feeler gauge berfungsi untuk mengukur celah antara dua permukan benda, memeriksa keausan pada komponen-komponen, dan mengukur alur-alur (groove) berukuran kecil.
Feeler Gauge

Jangka sorong atau vernier caliper berfungsi untuk mengukur diameter luar, diameter dalam dan mengukur kedalaman, jangka sorong sorong memilik panjang 150 mm-200 mm dengan ketelitian 0,05 mm-0,02 mm.
Vernier Caliper / Jangka Sorong

11. Outside Micrometer (Mikrometer Luar)
Outside micrometer (mikrometer luar/mikrometer sekrup) adalah alat ukur yang berfubgsi untuk mengukur ketebalan suatu benda sampai dengan ketelitian 0,01 mm.
Outside Micrometer / Mikrometer Luar

12. Inside Micrometer (Mikrometer Dalam)
Inside micrometer berfungsi untuk mengukur diameter dalam suatu benda dengan dengan tingkat akurasi yang tinggi jika dibandingkan dengan jangka sorong. Inside micrometer memiliki tingkat ketelitian sampai 0,01 mm.
Inside Micrometer / Mikrometer Dalam

13. Depht Micrometer
Depht micrometer berfungsi untuk mengukur kedalaman suatu benda, kedalaman alur, ketinggian benda dengan tingkat ketelitian tertentu. Depht micrometer memiliki komponen yang hampir sama dengan inside micrometer akan tetapi depht micrometer memiliki tambahan bagian block yang rata dengan permukaan yang rata.
Depht Micrometer

14. Telescoping Gauge
Telescoping gauge berfungsi untuk mengukur diameter dalam suatu benda yang memiliki ukuran yang kecil. Telescopic Gauge biasanya digunakan untuk mengukur lubang kecil yang tidak bisa digunakan micrometer.

Telescoping Gauge

15. Dial Indicator
Dial indicator atau yang sering berfungsi untuk mengukur dan memeriksa kerataan atau kesejajaran pada permukaan benda dengan skala pengukuran yang sangat kecil.
Dial Indicator

16. Cylinder Bore Gauge
Cylinder bore gauge berfungsi untuk mengukur diameter silinder secara teliti, dari hasil pengukuran dapat menyimpulakan keovalan dan ketirusan suatu silinder dengan ketelitian 0,01 mm.
Cylinder Bore Gauge