Cara Menyetel Karburator Motor - Kebersihan dan penyetelan yang tepat pada karburator sangat berpengaruh pada kinerja mesin secara keseluruhan. Karburator yang tidak berfungsi dengan normal dapat mempengaruhi suplai bahan bakar, dan jika hal itu terjadi maka pembakaran menjadi tidak sempurna, akibatnya sepeda motor kurang bertenaga bahkan bisa mogok.
Menyetel Karburator berati mengatur kecepatan putaran mesin pada saat langsam (stationer / idle) dan mengatur pencampuran bahan bakar dengan udara.
Bila kecepatan langsam disetel terlalu tinggi maka pemakaian bahan bakar akan boros, sedangkan bila disetel terlalu rendah maka mesin cenderung sering mati. Penyetelan karburator harus dalam keadaan mesin hidup dan telah panas.
Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna dapat mengakibatkan mesin cepat panas dan knalpot mengeluarkan asap yang tidak normal sehingga mengakibatkan terjadinya polusi udara.
Menyetel Karburator berati mengatur kecepatan putaran mesin pada saat langsam (stationer / idle) dan mengatur pencampuran bahan bakar dengan udara.
Bila kecepatan langsam disetel terlalu tinggi maka pemakaian bahan bakar akan boros, sedangkan bila disetel terlalu rendah maka mesin cenderung sering mati. Penyetelan karburator harus dalam keadaan mesin hidup dan telah panas.
Berikut Langkah Cara Menyetel Karburator Motor
Dalam penyetelan karburator sepeda motor, penyetelan dilakukan dengan cara memutar dua sekrup yang terdapat dikarburator, sekrup - sekrup tesebut antaralain : Sekup Idle dan Sekrup Udara.
1. Menyetel Sekrup Idle Karburator Motor
Penyetel kecepatan idle |
- Putarlah sekrup idle atau sekrup penahan skep (throttle) sehingga putaran mesin meninggi.
- Putarlah sekrup pengatur udara (air screw / pilot screw) kearah kanan hingga putaran mesin menurun.
- Putarlah kembali ke kiri agar putaran mesin naik kembali. (Berhentilah memutar saat putaran mesin agak naik.
- Dengan posisi sekerup seperti ini putaran mesin agak tinggi, maka untuk menurunkannya putarlah sekrup idle / sekerup penahan skep tadi ke arah kiri hingga putaran mesin pada kecepatan yang sesuai sengan spesifikasi.
2. Menyetel Sekrup Udara Kaburator Motor
Penyetelan Campuran/Sekerup Udara |
- Putar sekerup udara searah jarum jam sampai duduk dengan ringan kemudian putar balik sesai spesifikasi yang diberikan.
- Pembukaan Sekrup Udara : 1,5 putaran keluar.
3. Terakhir
- Pasang pengukur putaran (Tachometer)
- Setel putaran staaioner (Idle) dengan sekerup Idle. Putaran stasioner : 1.400
- Putar sekerup masuk keluar untuk memperoleh putaran mesin yang rata.
- Panaskan mesin sampai suhu operasi normal.