Macam - Macam Pompa Injeksi Mesin Diesel - Pada sistem bahan bakar mesin diesel terdapat komponen pompa injeksi yang berfungsi sebagai penekan bahan bakar (solar).
Macam - Macam Pompa Injeksi Mesin Diesel
1. Pompa Injeksi Sebaris (In-Line Fuel Injection Pump)
Aliran bahan bakar injeksi tipe in line |
Keterangan :
- 1. Tangki Bahan Bakar (Fuel tank)
- 2. Pipa bahan bakar (Fuel line)
- 3. Pipa pengembali bahan bakar (Fuel return line)
- 4. Pipa pembagi (Delivery line)
- 5. Nozzle injektor (Injection nozzle)
- 6. Saringan bahan bakar (Fuel filter)
- 7. Water sedimenter.
- 8. Pompa injeksi (Injection pump assembly)
- 9. Feed pump.
- 10. Priming pump.
Pada sistem injeksi bahan bakar dengan pompa injeksi sebaris seperti di atas, terdiri dari empat elemen pompa yang melayani empat buah silinder. Pompa injeksi tipe In-line mempunyai jumlah mekanisme kompresi bahan bakar yang sama dengan jumlah silinder
Dengan demikian tiap silinder mesin diesel akan dilayani oleh satu elemen pompa secara individual. Pompa injeksi segaris bekerja sesuai dengan urutan injeksi yang ditentukan camshaft.
2. Pompa Injeksi Distributor (VE)
Pada sistem injeksi bahan bakar dengan pompa injeksi distributor, pompa injeksinya hanya memiliki satu buah elemen pompa. Dengan demikian satu elemen pompa akan melayani empat buah silinder mesin diesel melalui saluran distribusi pada pompa. Sebagai contoh sistem bahan bakar dengan pompa distributor dapat dilihat pada gambar.Aliran bahan bakar pompa injeksi tipe distributor |
Keterangan :
- 1. Tangki bahan bakar (Fuel tank)
- 2. Pipa pengembagi bahan bakar (Fuel return line)
- 3. Pemisah air & saringan solar (Water sedimenter and fuel filter)
- 4. Priming pump
- 5. Pipa pembagi bahan bakar (Delivery line)
- 6. Nozzle injektor (Injection nozzle)
- 7. Pompa bahan bakar (Injection pump assembly)
Pompa injeksi mesin diesel distributor terdapat dua tipe yaitu, tipe DPA dan pompa injeksi distributor tipe VE. Pada pompa injeksi distributor tipe DPA saat ini sudah jarang digunakan, sedangkan pompa injeksi distributor tipe VE masih banyak digunakan.
Pompa injeksi sebaris pada umumnya digunakan untuk mesin diesel bertenaga besar dengan ruang bakar langsung dan penyemrotan langsung (direct injection). Sedangkan pompa injeksi distributor banyak digunakan untuk mesin diesel bertenaga menengah dan kecil dengan ruang bakar tambahan.
3. Pompa Injeksi Tanpa Poros Nok
Gerakan pompa diperoleh langsung dari poros nok motor biasanya digunakan pada motor diesel tunggal (kecil) dan motor diesel besar kapal laut (PLTD)
4. Supply Pump Pada Mesin Diesel Common Rail
Pada mesin diesel common rail, penyemprotan solar diatur secara langsung oleh injektor dengan perintah ECU. Sehingga, pompa injeksi tugasnya hanya memastikan tekanan solar tetap tinggi. Tekanan yang dihasilkan oleh pompa tipe Common Rail ini mencapai 30.000 hingga 40.000 psi.
Solar dari fuel pump akan dipompa langsung ke rangkaian common rail, selanjutnya regulasi dari bahan bakar akan tersalurkan ke bagian penampung bahan bakar sebelum diinjeksikan oleh nozzle. Adapun bahan bakar yang tidak terinjeksikan ke ruang bakar akan dikembalikan ke fuel tank melalui return pipe.