Macam - Macam Lampu Indikator Dashboard Mobil

Macam - Macam Lampu Indikator Dashboard Mobil - Ada cukup banyak lampu indikator yang terdapat pada mobil, banyak sedikitnya lampu indikator ini berbeda - berbeda pada setiap merek mobil.

Beberapa Lampu Indikator Pada Dashboard Mobil Yang Penting Untuk Diketahui


1. Indikator Check Engine Atau MIL (Malfuction Indicator Lamp)



Salah satu lampu indikator mobil yang paling penting untuk diketahui adalah lampu check engine atau lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp). Jika mobil dalam keadaan normal, saat kunci kontak ON (mesin mati) lampu indikator ini akan menyala.

Dan setelah kunci kontak ON mesin hidup maka lampu check engine ini akan mati, tetapi ketika mesin sudah hidup indikator check engine tetap menyala, ada indikasi malfungsi atau kerusakan pada mesin mobil  yang harus segera dicek menggunakan scantool.

2. Indikator Seatbelt (Sabuk Pengaman)



Ketika sabuk pengaman belum digunakan oleh pengemudi atau penumpang, maka lampu ini akan menyala. Pada mobil keluaran terbaru, indikator ini bukan hanya berupa lampu, tetapi juga suara yang terdengar cukup nyaring. Selama pengemudi / penumpang belum memasang safety belt, suara peringatannya pun akan terus berbunyi.

3. Indikator SRS Airbag System



Jika terdapat lampu indikator bertuliskan “SRS” atau gambar orang duduk memangku sebuah bulatan, maka artinya mobil tersebut sudah dilengkapi dengan pengaman pendukung berupa Airbag System. Airbag akan mengembang ketika mobil mengalami benturan yang cukup keras, airbag berfungsi untuk melindungi pengemudi & penumpang mobil ketika mobil tabrakan.

Airbag terdapat banyak tipe, diantaranya : airbag depan, airbag tirai & airbag samping. Biasanya sistem airbag dilengkapi dengan modul atau ECU (Electronic Control Unit) sendiri yang digunakan untuk mengatur sistem airbag ini.

Jika lampu indikator ini menyala artinya terjadi malfungsi pada sistem airbag mobil. Segera lakukan scanning untuk cek penyebab lampu indikator ini menyala agar sistem airbag mobil dapat berfungsi dengan normal.

4. Indikator Bahan Bakar



Lampu indikator ini berfungsi untuk mengingatkan pengemudi ketika bahan bakar didalam tanki bahan bakar tinggal sedikit, dalam keadaan seperti ini mobil akan tetap masih berjalan.

Karena saat lampu indikator bahan bakar mulai nyala, didalam tanki bahan bakar masih menyimpan 3 - 6 liter bensin, jumlah tersebut dapat berbeda - beda pada setiap merek mobil. Tetapi jika terlalu lama bahan bakar tidak segera isi maka yang terjadi mobil bisa mati mendadak karena kehabisan BBM.

5. Indikator Suhu Mesin



Jika pengemudi atau pemilik kendaraan mengabaikan indikator suhu atau temperatur mesin pada dashboard mobil, mesin mobil bisa kapan saja mengeluarkan asap akibat mesin overheat. Maka dari itu pening untuk selalu memperhatikan indikator suhu mesin setiap saat.

Ketika indikator suhu menunjukkan warna kuning atau orange, artinya temperature mesin masih dalam keadaan sedang. Tetapi ketika indikator menunjukkan warna merah, pengemudi patut untuk segera menepikan kendaraan dan mematikan mesin.

6. Indikator CHG



Aki / Accu merupakan salah satu komponen penting pada mobil utamanya pada sistem pengisian sebuah kendaraan. Jika tidak terjadi kondisi yang tak normal pada sistem pengisian maka seluruh sistem kelistikan yang menggunakan aki sebagai sumbernya maka tidak akan dapat menyala.

7. Indikator Pintu



Lampu indikator pintu ini akan menyala  saat ada pintu yang masih belum tertutup dengan rapat. Maka perlu untuk selalu menutup pintu mobil dengan benar & rapat, karena jika pintu tertutup tidak sempurna dapat membahayakan.

8. Indikator ABS (Antilock Braking System)



Lampu indikator ABS umumnya bertuliskan ABS yang menunjukkan kondisi fitur sistem rem ABS (Antilock Braking System) yang terdapat pada kendaraan. 

Lampu indikator ini hanya terdapat padam obil yang sudah menggunakan sistem rem ABS. Jangan abaikan jika indikator ABS terus menyala,  hal ini memberikan isyarat bahwa ada masalah pada fitur ABS mobil yang harus segera dilakukan pengecekan pada sistemnya.

9. Indikator Hand Brake / Parking Brake



Hand brake (rem tangan) atau parking brake (rem parkir) adalah rem yang digunakan ketika mobil berhenti, hal ini digunakan untuk menjaga agar mobil tetap pada posisinya dan tidak bergerak. Indikator ini akan menyala untuk mengingatkan pengemudi bahwa tuas rem tangan (hand brake) masih bekerja dan belum dikembalikan pada posisi bebas.

10. Indikator EPS (Electric Power Steering)



Indikator EPS (Electric Power Steering) berfungsi untuk memperingatkan pengemudi atau pemilik kendaraan bahwa telah terdapat malfungsi pada sistem kemudi power steering.

Dalam kondisi normal saat kunci kontak mulai ON, lampu indikator ini akan menyala dan kemudian mati setelah mesin mulai hidup. Tetapi ketika terdapat malfungsi pada sistem kemudi power steering, indikator EPS akan tetap menyala saat mesin hidup.

11. Indikator TPMS (Tyre Pressure Monitoring System)



Indikator TPMS ini terdapat pada mobil keluaran terbaru, indikator tekanan ban menyala ketika tekanan angin ban pada beberapa ban mobil berkurang. Kurangnya tekanan angin pada ban dapat berakibat borosnya penggunaan bahan bakar, sampai menyebabkan kecelakaan akibat ban selip di jalanan yang basah. 

Jika tekanan ban berkurang segera mungkin untuk tambah angin. Penting untuk diingat, ban yang kempes jika digunakan saat jarak tempuh kendaraan jauh atau terlalu cepat maka ban dapat  rusak secara permanen.

12. Indikator Oli Pelumas



Kondisi oli pelumas mesin mobil dapat diketahui melalui indikator oli pelumas pada kendaraan, hal ini dilakukan agar pemilik kendaraan tidak lupa untuk mengganti atau menambah oli pelumas. Perhatikan indikator oli pelumas tersebut baik-baik, jika indikatornya menyala warna merah, segera lakukan penambahan atau penggantian oli pelumas.