Fungsi Blok Silinder Mobil

Fungsi Blok Silinder Mobil - Blok silinder (cylinder block) atau juga biasa disebut blok mesin merupakan salah satu komponen utama pada mesin kendaraan.

Fungsi Blok Silinder (Cylinder Block)


Fungsi silinder blok pada mesin
Blok Silinder (Cylinder Block)

1. Sebagai Dudukan Mekanisme Poros Engkol (Crankshaft)
Blok silinder / blok mesin dan ruang engkol merupakan bagian utama dari motor bakar. Bagian-bagian lain dari motor dipasangkan di dalam atau pada blok silinder, sehingga terbentuk susunan motor yang lengkap.

2. Sebagai Ruang Bakar
Blok silinder (cylinder block) atau blok mesin berfungsi sebagai ruang bakar atau sebagai tempat proses pembakaran dalam mesin.

3. Sebagai Dudukan Silinder Liner
Pada blok silinder ini terdapat silinder liner (cylinder liner) / boring yang berdinding halus, yang digunakan untuk gerak naik - turun piston. Selain itu fungsi silinder liner adalah untuk melindungi bagian dalam silinder blok dari gesekan ring piston.

4. Sebagai Saluran Pendingin (Coolant Passages)
Pada mesin mobil maupun motor yang menggunakan sistem pendingin radiator, di blok silinder terdapat mantel air (water jacket) yang digunakan sebagai tempat sirkulasi air pendingin (water coolant) mesin.

Tetapi pada mesin yang sistem pendinginannya tidak menggunakan radiator, pada silinder bloknya terdapat sirip - sirip pendingin. Gunanya untuk menyebarkan panas dari dalam keluar,sehingga suhu mesin tidak cepat panas.

5. Sebagai Saluran Oli Pelumas (Oil Gallery Plug)
Blok silinder / blok mesin ini juga digunakan sebagai tempat bersikulasinya oli pelumas pada sistem pelumasan mesin.

6. Sebagai Dudukan Kepala Silinder
Silinder bersama-sama dengan kepala silinder membentuk ruang bakar, yaitu tempat melaksanakan pembakaran bahan bakar.

Blok silinder dan ruang engkol dapat dituang menjadi satu bagian atau terpisah satu sama lain, kemudian disatukan dengan baut-baut. Variasi lain dalam konstruksi blok silinder ialah dengan pemasangan tabung silinder ke dalam blok silinder. Tabung ini dibuat dari besi tuang atau baja tuang.

7. Sebagai Dudukan Fly Wheel
Pada mesin mobil fly wheel diletakan pada bagian samping blok silinder. Salah satu fungsi  fly wheel adalah untuk menyimpan atau meredam perubahan kecepatan putaran pada mesin mobil agar putaran mesin menjadi stabil.

Selain itu blok silinder juga digunakan sebagai dudukan dari komponen - komponen mesin lainya seperti distributor, motor starter, saringan oli, kalter, dll.