Kenali Macam - Macam Stabilizer Bar Pada Mobil

Kenali Macam - Macam Stabilizer Bar Pada Mobil - Jika fungsi stabilizer bar pada sistem suspensi mobil dan cara kerjanya sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, maka kali ini akan dijelaskan tentang macam-macam stabilizer bar pada sistem suspensi mobil.

Macam-Macam Stabilizer Bar Pada Mobil Beserta Fungsinya


1. Anti Roll Bar Atau Sway Ba
Stabilezer bar mobil tipe anti roll bar atau sway bar berfungsi untuk menghubungkan kedua pangkal suspensi kanan dan kiri. Umumnya komponen ini dipasang pada bagian bawah mobil tepatnya pada komponen suspensi belakang mobil, sehingga dapat meredam efek body roll saat mobil bermanuver. Dan membuat handling mobil terasa lebih nyaman saat bermanuver. 

Tetapi, jika bagian depan mobil lebih besar dan rigid, maka dapat meningkatkan understeer. Sedangkan, jika bagian belakang mobil lebih besar, maka mobil akan cenderung oversteer. 

Selain itu, pemasangan sway bar dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara karena suspensi mobil menjadi lebih keras. Maka dari itu, pemasangan komponen ini harus disesuaikan dengan kebutuhan berkendara dan jalan yang biasa dilalui.

2. Strut Bar
Strut bar adalah palang yang terbuat dari besi atau logam dan dipasang dengan posisi melintang guna menghubungkan kedua sisi body dan suspensi depan sisi kanan dan kiri didalam ruang mesin mobil. 

Pemasangan strut bar pada mobil berfungsi untuk menambah rigiditas mobil pada saat bermanuver, khususnya pada saat mobil melewati jalan menikung. Saat mobil berbelok akan muncul tekanan dari permukaan jalan, strut bar ini bekerja menjaga tekanan dari kedua sisi supaya mobil tetap stabil dan seimbang.

Modifikasi mobil yang menggunakan strut bar juga dapat mengurangi body roll atau limbung pada mobil saat bermanuver.

Tetapi, pemasangan strut bar didalam ruang mesin mobil dapat mengurangi rasa nyaman saat berkendara, utamanya saat kondisi jalanan macet, berlubang, tidak rata, dan speed bumps. Jadi, tetap disesuaikan dengan kebutuhan dalam berkendara. 

3. Front Lower Bar And Rear Lower Bar
Front lower bar and rear lower bar merupakan stabilizer bar yang digunakan pada sebagian modifikasi mobil. Lower bar ini berfungsi sebagai penghubung lower arm dengan sasis.

Hal tersebut dapat membuat kinerja lower arm lebih baik dan performa dari mobil semakin meningkat. Lower arm sendiri memiliki fungsi untuk mengendalikan roda.