Jenis - Jenis Roda Gigi Transmisi Manual Mobil - Transmisi memiliki banyak roda gigi didalamnya yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Roda gigi yang saling berkaitan yang dimaksud adalah roda gigi kecepatan speed gear), sedangkan roda gigi munndur tidak berkaitan pada kondisi netral.
Roda gigi yang terpasang pada output shaft (poros output) akan dapat berputar pada porosnya. Hal ini berbeda dengan roda gigi pada yang ada pada counter gear (roda gigi susun) yang sudah menempel pada poros / bersatu semuanya.
Susunan Roda Gigi Transmisi Mnaual Tipe Syncrhomesh |
Banyaknya jumlah gigi percepatan akan sama dengan jumlah roda gigi pada counter gear. Contoh, jika sebuah transmisi memiliki 5 kecepatan + 1 gigi mundur maka jumlah gigi counter gear mempunyai gigi sebanyak 6 buah.
Jenis - Jenis Roda Gigi Pada Transmisi Manual Mobil
Pada transmisi manual terdapat 2 jenis roda gigi (gear) yang digunakan, yaitu :
1. Helical Gear (Roda gigi Heliks)
Roda gigi heliks adalah jenis roda gigi yang memiliki bentuk spiral (miring). Jenis roda gigi ini digunakan pada roda gigi percepatan (speed gear) yang saling berkaitan dengan roda gigi susun (counter gear). Mekanisme perindahan giginya menggunakan sistem kopling (cluth hub).
Pada posisi netral, gigi heliks dapat berputar (tidak mengunci ) pada poros output. Tetapi jika pada kondisi masuk gigi, maka gigi heliks akan terkunci pada poros output akibat dari menempelnya cluth yang menghubungkannya dengan hub sleeve.
Sincrhomesh Ring (Cincin Syncrhomesh)
Setiap gigi percepatan dilengkapi dengan synchromesh ring (dalam hal ini adalah untuk transmisi manual tipe syncrhomesh), syncrhomesh ring ini berfungsi untuk menyamanakan putaran antara roda gigi percepatan dengan hub sleeve saat dilakukannya perpindahan gigi. Kerusakan yang sering terjadi pada transmisi manual tipe syncromesh umumnya disebabkan oleh komponen sincromesh ring yang sudah aus.
Keausan pada sincrhomesh ring ini dapat mengibatkan melemahnya daya pengereman untuk memperlambat putaran gigi percepatan saat perpindahan gigi agar bersatu dengan hub sleeve. Gejala ini akan mudah dirasakan oleh pengemudi yang kesulitan saat perpindahan gigi.
2. Spurs Gear (Roda Gigi Spur / Roda Gigi Lurus)
Roda gigi spurs adalah roda gigi yang memiliki bentuk lurus terhadap garis diagonal. Jenis roda gigi ini pada transmisi digunakan untuk roda gigi mundur yang terdiri pada roda gigi mundur poros output, roda gigi mundur counter gear dan idle gear. Ketiga roda gigi ini tidak saling berkaitan pada posisi normal.
Ketiganya akan berkaitan jika transmisi pada posisi mundur, ini karena jenis gigi spurs mempunyai mekanisme perkaitan menyatuh dan melepas. Karakteristik yang lain pada roda gigi spur ini adalah digunakan untuk perbandingan kecepatan rendah. Atas dasar itulah, dia digunakan pada gigi mundur .
Tetapi, roda gigi jenis spur ini hanya terdapat pada transmisi manual mobil tipe konvensional, saya katakan seperti itu karena pada mobil keluaran baru yang sama - sama menggunakan transmisi manual, roda gigi jenis spurs ini tidak dapat ditemukan lagi. Semua roda gigi di transmisi manual mobil keluaran baru menggunakan jenis roda gigi heliks (termasuk untuk gigi mundurnya). Untuk membedakannya antara roda gigi mundur dan roda gigi percepatan, maka ada beberapa roda gigi yang alurnya dibuat berlawanan arah.