Cara Top Kompresi Satria FU

Cara Top Kompresi Satria FU - Mencari posisi top kompresi biasanya identik dengan keperluan penyetelan / pengecekan gap atau celah klep. Top kompresi juga dilakukan saat pemasangan kembali cylinder head setelah dilakukan tindakan turun mesin.

Untuk cara top noken as Satria FU ini berbeda dengan sepeda motor yang menganut mekanisme katup tipe SOHC (Single Over Head Camshaft), karena satria FU menganut mekanisme katup tipe DOHC (Double Over Head Camshaft).

Seperti yang telah diketahui, pada mesin DOHC terdapat dua camshaft / noken as, maka pemasangan untuk kedua noken as ini tidak boleh salah. Jika salah fatal akibatnya, karena DOHC ini lebih kompleks dibandingkan tipe SOHC.

Cara Top Kompresi Pada Motor Suzuki Satria FU




Keterangan :

Perhatikan lingkaran merah, disana terdapat garis pada noken as, harus diposisikan sejajar (horizontal) dengan blok silinder.

Perhatikan juga garis pada sproket (timing gear) noken as EX harus tegak lurus seperti lingkaran kuning.

Sementara untuk timing gear noken as Klep IN, hitung dari garis yang terdapat padan noken as EX (perhatikan angka 1).

Garis pertama pada noken as Klep IN terdapat pada mata 16 rantai kamprat jika di hitung dari garis yang berdampingan dengan rantai kamprat pada noken as EX.

Dan garis kedua pada noken as IN sejajar dengan mata rantai kamprat 18 jika di hitung dari mata yang berdampingan pada noken as EX. Lebih mudahnya anda dapat cocokan posisinya persis seperti gambar diatas.