Ukuran Barel, Venturi Dan Main Jet Antara Primer Dan Sekunder Lebih Besar Mana? Begini Penjelasannya - Didalam sebuah sistem karburator tentu tidak asing dengan istilah main jet, venturi dan barel. Karburator mobil pada umumnya memiliki dua buah barel dimana masing-masing barel memiliki venturi dan main jet masing-masing.
Barel, venturi dan main jet tersebut dibedakan menjadi primer dan sekunder. Lalu, apa yang membedakan antara barel venturi dan main jet primer dan sekunder?
Yang membedakan ketiganya adalah ukurannya, ukuran antara primer dan sekunder tidak sama. Diamater lubang barel antara primer dan sekunder tidak sama, diameter lubang barel primer lebih kecil dibandingkan dengan yang sekunder.
Hal tersebut juga berlaku untuk diameter venturi, diameter venturi primer umumnya juga lebih kecil daripada diameter venturi sekunder. Untuk main jet pun juga sama , lubang primer main jet juga lebih kecil dari secondary main jet.
Alasan mengapa diameter lubang sekunder lebih besar jika dibandingkan diameter lubang primer? Karena ada hubungannya dengan kebutuhan konsumsi bahan bakar.
Pada saluran primer bekerja pada saat mesin putaran sedang dan tinggi, sedangkan untuk saluran sekunder bekerja pada saat mesin dengan kecepatan sangat tinggi.
Tentu untuk kecepatan tinggi membutuhkan pasokan bahan bakar yang lebih banyak dari pada saat mesin berputar dalam kecepatan sedang.
Itu sebabnya mengapa barel, venturi dan main jet sekunder lebih besar dari pada yang primer. Tujuannya, tidak lain tidak bukan adalah untuk menambah pasokan bahan bakar ke ruang bakar saat kecepatan tinggi.