Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head)

Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head) - Setiap komponen yang terdapat pada mesin memiliki fungsi penting, salah satunya kepala silinder (cylinder head). Dinamakan kepala silinder disesuaikan dengan letak komponen tersebut yaitu berada di atas blok silinder / blok mesin. Lalu apa saja fungsi cylinder head (kepala silinder)

Berikut Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head)


Kepala Silinder (Cylindee Head)

1. Tempat Proses Pembakaran Mesin Terjadi
Fungsi kepala silinder yang pertama yaitu sebagai tempat pembakaran mesin. Di dalam kepala silinder terdapat ruang bakar (combution chamber), combution chamber (ruang bakar) merupakan tempat untuk meledakkan campuran udara serta bahan bakar sehingga mesin dapat melakukan siklus kerjanya.

2. Tempat Pemasangan Busi
Busi merupakan salah satu komponen yang terdapat di bagian kepala silinder mesin. Tanpa adanya busi, maka tidak akan ada api untuk melakukan proses pembakaran di ruang bakar. Posisi busi sebagai pemantik api langsung ada di dalam ruang bakar.

3. Tempat Oli Pelumas Bersirkulasi
Di dalam kepala silinder terdapat barisan saluran oli (oil feed) yang berfungsi untuk mengalirkan cairan ini ke pompa oli. Sehingga komponen  -komponen mesin yang terdapat di kepala silinder dapat terlumasi dengan baik.

Dengan adanya oli pelimas, proses gesekan yang ter menjadi lebih terminimalisir dan juga lancar. Sebenarnya saluran oli yang ada juga terhubung dengan yang lainnya di dalam silinder blok mesin. Blok mesin juga memiliki saluran oli. Dengan kombinasi keduanya, maka mesin bisa bekerja dengan baik.

4. Tempat Air Pendingin Bersirkulasi
Mesin tidak boleh dalam kondisi panas dalam waktu yang lama karena dapat menyebabkan overheat. Inilah sebabnya di dalam kepala silinder terdapat tempat air pendingin bersirkulasi melalui water jacket. 

Suhu mesin akan naik saat proses pembakaran. Tetapi saat ada air pendingin dengan water jacket, maka suhu mesin akan distabilkan sehingga teperatur mesin dapat normal.

5. Tempat Mekanisme Katup
Mekanisme katup menjadi bagian penting dari kepala silinder karena berfungsi untuk mengatur kapan katup masuk (intake valve) dan katup buang (exhaust valve) terbuka atau tertutup. 

Mekanisme katup ada beberpa jenis. Mekanisme katup dapat diseuaikan dari model kepala silinder. Salah satunya adalah untuk DOHC (Double Over Head Camshaft) yang digunakan Toyota New Yaris. 

6. ​​​​​​​Tempat Saluran Masuk (Intake Manifold) Dan Saluran Buang (Exhaust Manifold)
Fungsi kepala silinder (cylinder head) lainnya adalah menjadi tempat saluran intake dan exhaust. Saluran masuk (intake manifold) merupakan tempat masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar.

Sedangkan saluran buang (exhaust manifold) adalah tempat pembuangan gas dari sisa pembakaran. Dengan keberadaan keduanya, maka mesin akan tetap bersih serta terhindar dari hal-hal yang mengganggu.