Penyebab Gas Avanza Dan Xenia Mentok Cuma Sampai 4000 RPM

Penyebab Gas Avanza Dan Xenia Mentok Cuma Sampai 4000 RPM - Ketika mobil di starter mesin hidup dan lampu MIL atau Lampu check engine menyala itu menandakan telah terjadi kerusakan pada mesin mobil. 

Untuk membaca DTC (Data Trouble Code) pada mobil anda bisa melakukan scan dengan alat scaner. Tetapi, jika tidak ada alat scan, scan bisa dilakukan dengan cara manual membaca pola kedipan lampu MIL / lampu check engine.

Kembali ke pokok bahasan, Saat mesin mobil hidup dan pada posisi idle masih normal-normal saja. Tetapi masalah mulai terjadi saag pedal gas mulai di injak ternyata RPM mentok hanya sampai 4000, jarumnya tidak mau naik lagi bahkan mesin jadi brebet.
Gas Pol Jarum Mentok Di 4000 rpm


Sebelum anda membawanya ke bengkel mobil terdekat, anda bisa lakukan pengecekan pada sensor berikut :
Analisanya terjadi masalah pada MAP Sensor (Manifold Absolute Pressure Sensor)

Anda dapat melakukan pengecekan MAP sensor sendiri. Karena ada indikasi kemungkinan hanya socketnya kendor atau kurang ngepas aja, jika memang seperti itu silahkan anda pasang dan kencangkan kembali socket tersebut. 
Letak MAP (Manifold Absolute Pressure)

MAP Sensor (Manifold Absolute Pressure Sensor) terletak di rumah filter udara, memiliki tiga kabel yang berfungsi untuk mendeteksi kevacuuman pada intake manifold atau camber.

ECU akan menggunakan informasi dari MAP ini untuk mengatur jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan atau diinjeksikan kedalam ruang bakar, agar performa mesin tetap optimal dan konsumsi bahan bakar dapat efisien. 

Socket MAP yang tidak terpasang dengan benar tentu berpengaruh terhadap performa mobil saat mesin mulai menyala. Bisa juga socket tersebut perlu anda bersihkan dari kotoran atau kerak yang menempel.

Jika benar hanya socket MAP tersebut yang kendur dan langkah pertama sudah anda lakukan. Anda bisa mulai reset ECU agar DTC yang sudah tersimpan di dalam memori ECU terhapus dan lampu MIL atau check engine mati saat mesin dinyalakan.

Terakhir, silahkan anda langsung hidupkan lagi mobil dan coba injak pedal gas sampai mentok apakah RPM masih seperti sebelumnya atau tidak.