Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak Dan Fungsinya

Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak Dan Fungsinya - Kepala silinder (cylinder head) adalah komponen mesin yang tempatnya ada dibagian depan pada motor bebek/matic dan dibagian paling atas untuk motor sport. Kepala silinder ini memiliki sirip-sirip yang berguna untuk proses pendinginan mesin. 

Tetapi, sirip-sirip tersebut hanya ditemukan pada mesin yang menggunakan sistem pendingin udara. Artinya, sirip - sirip tersebut tidak ditemukan pada mesin motor yang menggunakan sistem pendingin oli atau sistem pendingin air (radiator).

Kepala silinder juga merupakan tempat keluar masuknya bahan bakar serta menjadi bagian dari proses pembakaran dan kompresi pada mesin. Fungsi lain dari kepala silinder (cylinder head) ini adalah untuk menutup lubang silinder yang terdapat didalam blok mesin. Selain itu, dalam kepala silinder terdapat komponen-komponen penting mesin motor.

Jika terdapat kerusakan pada salah satu komponen yang terdapat pada kepala silinder maka dapat mempengaruhi kerja mesin. Lalu apa saja komponen-komponen yang terdapat didalam kepala silinder mesin motor 4-tak?

Komponen Kepala Silinder (Cylinder Head) Motor 4 Tak Dan Fungsinya


Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak

1. Sil Katup (Valve Seal)
Sil katup/sil klep 

Sil katup/sil klep berfungsi untuk menjaga agar oli mesin tidak ikut masuk ke dalam ruang bakar saat proses siklus kerja mesin terjadi.

2. Bosh Klep (Valve Guide)
Bos Klep (Valve Guide)

Valve guide / bosh klep berfungsi sebagai jalur bergeraknya batang klep. Jika bosh klep sudah aus / longgar di bagian knalpot akan timbul asap putih tipis dan perbaikannya harus diganti dan pemasangannya dapat di lakukan ke bengkel bubut.

3. Poros Bubungan (Camshaft)
Noken AS (Camshaft)

Poros bubungan (camshaft) / noken as berfungsi sebagai penggerak dan pengatur buka-tutupnya katup/klep didalam mesin.

4. Gigi Sentrik (Camshaft Sprocket)
Cam Sprocket

Camshaft sprocket atau gigi sentrik berfungsi untuk memutar camshaft atau noken as yang terdapat di kepala silinder. Camshaft sprocket ini digerakan menggunakan rantai timing (timing chain) yang terhubung ke crankshaft sprocket.

5. Klep / Katup (Valve)
Katup (Valve) / Klep

Katup atau klep mesin motor berfungsi untuk membuka dan menutup saluran tempat masuknya campuran bahan bakar dan udara yang menuju ke ruang bakar (combution chamber), membuka dan menutup saluran tempat keluarnya gas sisa hasil pembakaran mesin, dan menutup rapat ruang bakar agar terkunci dari udara luar pada saat yang dibutuhkan.

Klep / katup ini ada dua macam, yaitu :
  • Katup isap (intake valve) atau klep in merupakan katup yang berfungsi untuk menutup dan membuka saluran isap/masuk.
  • Katup buang (exhaust valve) atau klep ex merupakan katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran buang.
Untuk ukurannya, klep in memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan klep ex.

6. Pin Pengunci (Cotter)
Cotter Dan Penahan

Cotter/pin pengunci katup berfungsi untuk mengunci katup dan pegas katup, selain itu pasangan komponen ini adalah penahan berbentuk ring yang berfungsi menahan cotter itu sendiri.

7. Pelatuk (Rocker Arm)
Pelatuk (Rocker Arm)

Pelatuk (rocker arm) atau sering disebut juga templar berfungsi sebagai penghubung antara noken as (camshaft) dengan katup serta berfungsi sebagai penekan katup/klep agar terbuka pada saat yang sudah ditentukan.

8. Pegas Katup (Spring Valve)
Pegas Katup (Spring Valve)

Pegas katup atau per klep berfungsi untuk menutup atau mengembalikan katup/klep ke posisi semula setelah katup/klep mendapat tekanan dari templar (rocker arm).

9. Saluran Masuk (Intake Manifold)
Intake Manifold

Intake manifold merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalurkan campuran udara dan bahan baka.

10. Saluran Buang (Exhaust Manifold)
Exhaust Manifold

Exhaust manifold berfungsi untuk mengalirkan gas sisa hasil pembakaran menuju ke knalpot.

11. Ruang Bakar (Combution Chamber)
Ruang Bakar (Combution Chamber)

Ruang bakar berfungsi sebagai tempat pembakaran campuran bahan bakar dengan udara yang telah di kompresikan oleh piston didalam silinder.

Ruang bakar terletak di kepala silinder terhubung langsung dengan katup masuk dan katup buang, juga sebagai tempat pemasangan busi. 

12. Busi (Spark Plug)
Busi (Spark Plug)

Busi berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan besin di ruang bakar.