Komponen Gardan Mobil Dan Fungsinya

Komponen Gardan Mobil Dan Fungsinya - Gardan atau differential merupakan salah satu salah satu komponen dari sistem pemindah tenaga (power train system) kendaraan, fungsi dari gardan (differential) pada kendaraan sudah dijelaskan disini. Kali ini akan dibahas mengenai komponen - komponen yang terdapat pada gardan.

Komponen Gardan (Differential) Mobil Dan Fungsinya



Komponen - Komponen Gardan (Differential)

1. Axle Housing
Axle Housing
Axle housing berfungsi untuk menempatkan dan melindungi semua komponen gardan dan axle shaft (as roda) termasuk untuk menampung oli gardan. Axle housing umumnya terbuat dari plat baja tebal yang kuat sehingga mampu menjadi tumpuan kedudukan bagi seluruh komponen gardan.

2. Axle shaft
Axle shaft atau as roda berfungsi untuk meneruskan putaran yang dihasilkan oleh side gear untuk memutar roda. Ada dua axle shaft yang dipasang pada gardan yaitu, axle shaft kiri yang terhubung dengan roda kiri dan side gear sisi kiri dan axle shaft kanan terhubung dengan roda kanan dan side gear sisi kanan.

3. Differential Case Carrier
Differential Case Carrier
Differential case carrier berfungsi sebagai tempat kedudukan pinion gear dan side gear. Differential case carrier merupakan komponen gardan yang dipasang tepat ditengah-tengah ring gear.

4. Side Gear

Side gear berfungsi untuk meneruskan putaran dari pinion gear menuju ke roda. Side gear merupakan gear (roda gigi) yang terletak di dalam differential case carrier yang dipasang di sisi kanan dan kiri pinion gear. Side gear ini terhubung langsung dengan axle shaft (as roda).

5. Ring Gear
Ring gear memiliki beberapa fungsi penting bagi gardan diantaranya, yaitu :
  • Sebagai penerus putaran dari drive pinion gear
  • Mengubah sudut putaran dari drive pinion gear hingga 90 derajat
  • Memperbesar torque dari drive pinion gear
  • Tempat kedudukan differential case carrier yang berisi pinion gear dan side gear.

Ring gear merupakan roda gigi yang berbentuk seperti cincin/ring roda gigi ini sering disebut juga roda gigi matahari. Ring gear terhubung dengan drive pinion yang terhubung langsung dengan propeller shaft (as kopel).

6. Drive Pinion Shaft
Drive pinion shaft berungsi menjadi poros pemutar untuk mengalirkan poros propeller dan putaran. Komponen gardan ini adalah bagian poros roda gigi pinion yang menyatu dengan drive pinion gear.

7. Drive Pinion Gear
Drive pinion gear atau gigi nanas berfungsi untuk meneruskan putaran yang dihasilkan oleh propeller shaft untuk memutar ring gear dan membuat perbedaan putaran pada side gear sisi kanan dan side gear sisi kiri ketika salah satu roda / ban mengalami perbedaan beban akibat mobil berbelok.
8. Bevel Pinion Housing
Bevel pinion housing ini dipasang tepat ditengah-tengah komponen axle housing. Fungsi dari bevel pinion housing ini adalah sebagai tempat kedudukan dari beberapa komponen utama gardan seperti drive pinion gear, ring gear dan differential case.

9. Oil Filter Plug
Oil filler plug pada gardan merupakan baut yang digunakan untuk menutup lubang pengisian oli gardan. Biasanya oil filler plug ini dipasang bersamaan sebuah gasket yang perlu diganti setiap pengisian.

Letak dan posisi oil filler plug pada gardan ini beragam, ada yang ditempatkan di bevel pinion housing (seperti pada gambar diatas) dan ada pula yang tempatkan di belakang axle housing. Fungsi dari oil filler plug adalah sebagai tempat untuk mengisi oli gardan.

10. Adjuster Nut
Adjuster nut pada gardan merupakan mur besar yang didesain khusus untuk gardan dan diletakkan di sisi kanan kiri dari differential case setelah bearing differential case. Fungsi dari adjuster nut ini adalah sebagai komponen yang digunakan untuk menyetel backlash antara gigi pada drive pinion gear dan ring gear.

11. Oil Drain Plug
Oil drain plug pada gardan merupakan baut yag digunakna untuk lubang pembuangan oli gardan. Fungsi dari oil drain plug ini adalah sebagai tempat untuk membuang oli gardan.

Letak dari oil darin plug ini umumnya ada dibagian bawah axle housing, namun ada beberapa gardan yang tidak menggunakan oil drain plug ini sehingga ketika ingin mengganti oli harus membongkar housing gardannya terlebih dahulu.

12. Breather Plug
Breather plug merupakan karet penutup yang memiliki lubang untuk sirkulasi udara didalam gardan. Fungsi breather plug adalah agar udara di dalam gardan bisa bersirkulasi untuk mencegah munculnya tekanan udara di dalam gardan akibat naiknya suhu dan temperatur oli gardan.

13. Bearing
Komponen gardan yang berikutnya adalah bearing. Terdapat beberapa bearing yang digunakan sebagai komponen gardan, tergantung pada penempatan dan komponen yang didukungnya seperti contohnya sebagai berikut :
  • Bearing drive pinion gear (bearing yang dipasang pada drive pinion gear)
  • Bearing differential case (bearing yang dipasang pada differential case dekat engan side gear)
  • Bearing axle shaft (bearing yang dipasang pada axle shaft)
Fungsi dari bearing-bearing ini adalah utuk memperlancar putaran pada masing masing komponen yang didukungnya serta mencegah keausan yang terjdai akibat panas seama komponen tersebut berputar.

14. Shim Dan Spacer
Shim dan spacer merupakan komponen gardan yang berupa plat logam yang pipih dan digunakan sebagai pengisi celah atau pemberi jarak antar komponen gardan. Spacer umumnya dipasang sebelum bearing.

Sebagai contoh adalah spacer yang digunakan pada bearing drive pinion gear. Spacer ini perlu diatur ketebalannya untuk menentukan preload gardan. Jadi, jika kita ingin mengubah preload gardan, maka spcer inilah yang diubah ketebalannya.

15. Gasket Dan Seal Oli
Gasket dan seal merupakan komponen gardan tambahan yang digunakan pada gardan. Fungsi dari gasket dan seal ini adalah untuk mencegah kebocoran oli gardan. Berikut beberapa contoh gasket dan seal pada gardan :
  • Gasket bevel pinion housing (gasket yang dipasang untuk menyatukan axle housing dengan bevel pinion housing)
  • Oil seal axle shaft (oil seal yang dipasang pada bagain ujung axle shaft aga oli gardan tidak rembes ke roda)
Pada mobil penggerak roda depan, komponen Gardan / Differential ini umumnya menjadi satu dalam bak transmisi. Sedangkan pada mobil penggerak roda belakang, Gardan terpisah dari transmisi dan terletak di belakang dekat dengan roda dan ban.